Ini 3 Rahasia Guru Galak Namun Kehadirannya Di Depan Kelas Selalu Dirindukan, Nomor tiga tidak masuk akal bangat.

Ini 3 Rahasia Guru Galak Namun Kehadirannya Di Depan Kelas Selalu Dirindukan, Nomor tiga tidak masuk akal bangat.
Bersama siswi SMA Kanaan/dok pribadi
Guru bangsa dan sidang pembaca yang terhormat, tulisan yang diberi judul; Ini 3 rahasia guru galak namun kehadiranya di depan kelas selalu dirindukan. Merupakan ‘catatan perjalanan’ yang direfleksikan kembali.
Semua ulasan walau tidak bergaya ‘akuan’; namun memberi kesan ‘aku’. Mohon maaf, tidak untuk menyombongkan diri, tetapi hanya ingin ‘mengajak’ pembaca, secara khusus guru bangsa di mana pun mengabdi. Mari memberi makna pada profesi guru. Menjadi guru semua orang bisa, tetapi menjadi pendidik belum tentu semua orang bisa.

Menjadi guru yang dicintai murid karena guru memberi nilai bagus, tidak marah walau pun muridnya salah. ITU TERLALU AMATIR. Tetapi seorang guru yang memarahi, dan ketegasannya membuat murid nyaris frustasi, tetapi kehadirannya di depan kelas selalu dinanti. Itulah yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini. Sekaligus saya berikan tips bagaimana menjadi guru ‘galak’ tetapi dicintai tanpa batas oleh siswa.

Simak berikut ini;

Makasi ya pakk ud ngajarin saya setaun ini hehe tapi sebenernya saya mau makasih sama bapak bukan karna bapak ngajarin saya bi doangg, banyak pak guru bi dimana mana haha tapi buat jadi wali kelas sekaligus pembimbing dan pendengar yg baik itu ga semua orang bisa pak, tapi bapak bisa!

Kata seorang muridku yang bernama Hellen Yoanita. 

Perjalanan panjang seorang guru kampung, dari Detunglikong, Maumere Flores hingga Papua, kemudian melangkah lagi menuju ibu kota Jakarta; memaksaku untuk belajar berdiri kokoh di tengah ketidakberdayaan. Namun pengakuan jujur dari para murid, ibarat embun penyejuk di tengah dahaga.

Rahasianya apa?

Saya tidak menyoggok dengan nilai. Haram dan tidak layak untuk seorang pendidik. Malah saya paling galak. Jika piket atau saat perwalian. Atau saat mempersiapkan mereka untuk lomba debat.

Rahasia yang pertama apapun yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu, SEPERTI UNTUK TUHAN dan bukan untuk manusia (Kolose, 3: 23). Jika anda seorang Muslim ingat kalimat ini, CINTAILAH AKU KARENA ALLAH.

Guru bangsa di manapun mengabdi, jika semangat seperti di atas yang menjadi landasan kita bekerja sebagai guru. Maka percayalah cinta, pengakuan, dan apresiasi sekaligus segan dari rekan sejawat pasti engakau dapatkan. Rahasianya ialah lakukan semua KARENA CINTA. Bukan supaya dipuji, bukan untuk gaji naik, bukan untuk pamer, TETAPI UNTUK TUHAN maka percayalah rekan guru sekalian, namamu pasti abadi di hati murid.

Ketemu di mall karena usia senja dan engkau lupa siapa mereka, tiba-tiba muncul. ”ibuuuuu...apa kabar?

Sejenak engkau mencoba mengingat,....”oh kamu si anu...”
Lantas orang muda itu menjawab, “ia bu masa lupa si”.

Jika peristiwa itu terjadi, itulah cinta yang engkau ‘tanamankan’ sejak mereka di bangku sekolah.
Ini 3 Rahasia Guru Galak Namun Kehadirannya Di Depan Kelas Selalu Dirindukan, Nomor tiga tidak masuk akal bangat.
Kue ulang tahun penuh cinta di hari ulang tahun/dok pribadi
“Emang pak Martin mengalamainya?”

Jawabannya ia. Anda bisa bayangkan lulusan dari Universitas Cenderawasi, letaknya di Papua. Orang seberang pula. Kalah pamor, kalah kualitas dari UGM, UI, atau UNJ. Faktanya saya pernah mengajar di SMA Kanaan Jakarta, sebuah sekolah berstandar internasional selama 5 tahun. Satu yang menjadi dasar saya, yakni apapun yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu SEPERTI UNTUK TUHAN dan bukan untuk manusia. Jika untuk Tuhan maka saya percaya totalitas adalah dasar utama dalam karya. Bukankah seperti itu rekan guru?

***
Lain Hellen, lain lagi dengan Grace; salah satu murid saya yang mengikuti club debat di sekolah. Ini katanya

makasih pakkk uda bikin saya juara 1 di KKG kemaren, ya mungkin emang banyak org yg berperann, ga cuma bapak doang. tapi kalo bapak ga paksa saya buat ikut lomba juga saya gatau pak kalo ternyata saya bisa. padahal dari dulu saya paling males pak ikut lomba kek gtu dann sebenernya ga bapak doang yg belajar banyak dri kita semuaa, kita jg belajar banyak dari bapakk.

saya gamau panjang panjang deh nanti kalo ketemu sama bapak saya jadi malu!!!! kapan lagi pak saya ngmg kayak begini begini WKWKKW ud ah pakk! oh yaa! selamat pak bapak sudah menjadi guru kampung yang dicintai lewat cara bapak gila bareng kita selama iniii!!

Tulisan yang dikirim via lain di atas, sengaja tidak saya edit. Tujuannya supaya jejak pikir dari muridku yang budiman itu abadi dan menjadi semangat saya dalam berkarya.

Apa rahasianya soal pengakuan murid di atas?.

Jawabannya adalah komunikasi dengan ‘rasa’ bukan logika. Apalagi perintah hanya karena kita guru dan orang dewasa. Hehheehe....TIDAK AKAN MEMBERI PERUBAHAN APAPUN.

Jika bapak dan ibu guru berkomunikasi dengan anak hanya karena kita guru dan orang dewasa maka hal berikut yang akan terjadi.

1.   Di depan kita siswa-siswi senyum, sapa, salam, dan cium tangan. Di belakang kita, sumpah serapah mereka lakukan. Jika kontrol emosinya labil, bisa-bisa ban motor kita yang dikempesin. Pada taraf yang paling kronis, ingat kejadian almahrum guru Budi di Jawa Timur yang meninggal karena dipukul murid?

2.   Mereka diam (kelihatan seperti nurut). Itu bukan nurut benaran. Hanya karena MEREKA TIDAK MAU BERURUSAN DENGAN KITA.

3.   Setelah lulus sekolah, maka ‘selesai sudah’ relasi sebagai guru dan murid. Jika yang ketiga ini terjadi itu indikator “guru gagal”.

Lantas harus bagaimana pak Martin?

Sudah saya jawab bapak ibu, komunikasi dengan rasa. Maksudnya tumbuhkan sikap empati, peduli, dan menempatkan rasa yang mereka rasakan pada pendekatan kita sebagai guru. Lengkapnya bisa baca pada ulasan saya yang berjudul: Berkomunikasi dengan Anak Lewat Rasa.

Lain Hellen, lain Grace, lain juga Jeniffer, gadis ceriah yang potensial. Kata-katanya seperti berlebihan namun itulah yang dirasakan, dan inilah katanya pada guru kampung macam saya.

pak martin... saya mau ngmg serius deh sm bapak. ya mgkin ini sedikit lebay tp gpp lah ya pak wkwk. nih pak. saya berterima kasih bgtttttttt pak sama bapaakkkk. makasi buat 1 taunnya bapa uda ngedidik saya dari awal kelas 10 smpe sekarang.

saya jg makasi bangettt sama Tuhan soalnya Tuhan bs temuin saya sama org yang kaya bapak. saya bersyukur bgt bs ktmu org kaya bapak. tp bener deh pak, seumur2 sya bru prtama kali ketemu guru yg kaya bapak.

bapa tuh bs jdi inspirasi saya bgt. klo mau jujur ya pak, bapa bener2 guru favorit saya pak. wali kelas paling the best!!!!! guru paling the besttt!!! bapa yg bisa buat saya tenang.

bapa yg bisa buat saya jd lebi dewasa.

bapa yg slalu kasi solusi klo saya ada masalah. ya jujur aja pak klo emg gada bapak jg saya kayanya ga berubah. saya itu tipe org yang bodo amat pak. yg ga tanggung jawab. tp semenjak ada bapak, saya bs belajar sedikit2 jd org yg tanggung jawab, jdi lebi disiplin. ya wlpun kadang bapa suka marah2 di kelas, tp saya sadar klo emg bapak marah jg demi kebaikan saya. ya jujur aja wktu awal2 kenal bapak itu saya agak sdikit kesel gitu lah klo bpk suka marah2. tp ya lama kelamaan saya bs tau sifat bapak kek gmn. saya gatau pak hrus bales budi ke bapak kek gmna. tapi saya janji pak wlpun bapa uda ga ngajar di SMA, saya bakal lebi rajin pak. ya saya itu orgnya ga gesit pak. klo ga disuruh ya saya ga lakuin wkwk. klo bapak ga marahin saya jg pasti saya bakal kek milano pak wkwk. jadi ya selama ini bapa uda buat sifat saya brubah banyak. ya mgkin uda lah ini ajaaa kata2 saya wkwkwkwk.

maap pak klo lebay tp ini serius bapak bener2 guru kesukaan saya bangeettttt!! pokonyaa nanti kedepannya smoga bapa bisa jadi org yg lebi sabar. jangan gmpng emosian pak.

banyak2 doa pak biar bisa lebi sabar. klo bapak lagi kena masalah jgn takut buat hadepinnya pak anggep itu rencana dr yg diatas. rencana Tuhan kan slalu indah pak wkwkkw asek. ya pokonyaaa sukses terus deh pak kedepannyaaaa! makasiiii banget pakkk.

ni saya bonusin ayat deh 'Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa; Janganlah matahari terbenam sebelum padam amarahmu' Efesus 4:26. dah yaaa pakk cape ngetiknyaa bye pak thankyouuuuu!!!

Mungkin benar kata pepatah, guru hebat itu baik tetapi jauh lebih baik jika guru menginspirasi.

Apa rahasinya menjadi guru yang menginspirasi pak Martin?

Jawabanya santai saja.

Maksudnya?

Ia jika bapak dan ibu sudah melakukan poin pertama, kerja atas dasar cinta pada Tuhan. Otomatis maksimal dan total. Kecuali atheis mungkin pernyataan saya tidak belaku. Poin kedua berkomunikasi dengan rasa pun sudah dilakukan. Maka selanjutnya SANTAI SAJA.

Mengapa?

PERUBAHAN ITU BUTUH PROSES

Siapa kita samapai mengubah karakter orang?

Mungkin sampai dengan lulus nanti si anak tidak berubah, tetapi percayalah hidup akan mengubahnya menjadi lebih baik. Rahasia ketiga ini saya maksudkan supaya bapak dan ibu tidak stres di depan kelas; karena merasa sudah melakukan yang terbaik tetapi harapan tidak cepat menjadi kenyataan. Tentu emosi, marah, kesal, hilang semangat, dan lain sebagainya. ITU WAJAR DAN MANUSIAWI SEKALI.

Namun satu yang pasti perubahan itu butuh proses jadi santai saja bapak dan ibu.

Kesimpulannya:


Semua orang bisa menjadi guru, tetapi tidak semua guru bisa menjadi inspirasi. Guru yang mampu menginspirasi itulah seorang pendidik sejati.

Cara untuk menjadi pendidik sejati pertama lakukan pekerjaan dengan cinta yang tulus. Fokusnya bekerja untuk Tuhan bukan untuk manusia. Kedua bersikap empati pada siswa yang dibimbing. Terakhir santai saja karena perubahan butuh proses.

Ajaranmu saat ini tidak akan kami terima dalam sekejap, tapi di suatu saat yang akan datang; entah itu 5 atau 10 tahun kemudian, ajaranmu saat ini akan menjadi nilai besar buat kami.


Martin Karakabu
Guru Kampung


Baca juga artikel yang terkait dengan postingan ini;
Ini 3 Rahasia Guru Galak Namun Kehadirannya Di Depan Kelas Selalu Dirindukan, Nomor tiga tidak masuk akal bangat.

Catatan Tambahan:

1.   Tulisan yang diberi judul Ini 3 Rahasia Guru Galak Namun Kehadirannya Di Depan Kelas Selalu Dirindukan, Nomor tiga tidak masuk akal bangat. Hadir di hadapan sidang pembaca yang terhormat dengan tujuan untuk berbagi.

2.   Tidak dimaksudkan untuk menggurui atau merasa diri paling tahu, paling hebat, dan lain sebagainya. Apabila membawa manfaat itu semua karena Tuhan. Jika tidak berfaedah, abaikan saja karena ini hanyalah celotehan seorang guru kampung biasa. Salam damai@


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini 3 Rahasia Guru Galak Namun Kehadirannya Di Depan Kelas Selalu Dirindukan, Nomor tiga tidak masuk akal bangat."

Post a Comment

Mohon maaf, saya akan hapus link aktif, promosi-promosi dagang, dan komentar yang tidak sesuai dengan postingan saya. Tinggalkan kesan sebagai intlektual. Silahkan berkomentar,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel