4 Cara yang Wajib Dijalankan Oleh Guru dan Orang Tua 'Menghadapi' Kid Zaman Now

4 Cara yang Wajib Dijalankan Oleh Guru dan Orang Tua 'Menghadapi' Kid Zaman Now
Sidang pembaca dan guru bangsa yang terhormat, melalui postingan yang diberi judul; 4 cara yang wajib dijalankan oleh guru, dan orang tua menghadapi kid zaman now. Saya ingin mengatakan dua hal;

1.   Setiap zaman memiliki gaya dan tantanganya tersendiri. Oleh karena itu, apabila orang tua dan guru masih menggunakan cara-cara lama untuk mendidik anak zaman sekarang. Maka hasil dari didikan kita adalah “manusia pemberontak”.

2.   Saya kasih solusi yang diperoleh dari pengalaman selama 7 tahun menjadi guru di pedalaman Papua dan di Jakarta.

Harapannya setelah membaca ulasan sederhana ini pola pikir dalam mendidik hendaknya disesuaikan dengan perkembangan zaman.

**

Guru bangsa yang saya hormati. 25 November 2017 hari guru. Apakah para guru pernah mendapatkan ucapan selamat dari murid atau pun setangkai bunga yang berisi harapan dan doa?

Ataukah tidak sama sekali?.

Jika tidak mendapatkan ucapan selamat, mungkin para guru pernah berkata, “ah anak-anak zaman sekarang tidak seperti zaman kita sekolah dulu”. Atau pernah mendengar orang tua mengeluh, “semenjak adanya warnet, nilai anak saya jelek” dan berbagai keluhan yang lain. 

Para guru dan orang tua. Jangan cemaskan perubahan yang ada, ikuti 3 cara berikut ini dan lihatlah perubahan yang terjadi pada mereka yang kita sebut kid zaman now.

Pertama dan yang Paling Utama yakni Jadilah Sahabat Bagi Kids Zaman Now

Cara ini jika dilakukan maka 30 % kenakalan siswa atau seorang anak bisa diatasi oleh guru dan orang tua.

Mengapa?

Perkembangan teknologi membuat komunikasi antara orang tua dan anak semakin jauh. Segala perhatian dari orang tua dilakukan melalui media komunikasi, seperti line atau whatsaap.

Itu dilakukan dari jauh, semantara secara psikologis proses pertumbuhan seorang anak membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang sifatnya bertatapan langsung dari orang tua.

Di sisi yang lain dengan adanya tuntutan kurikulum 2013, tugas-tugas sekolah sangat banyak bagi kid zaman now. Jadi mereka membutukan suasana rileks saat di rumah bersama orang tua. Adanya suasana rileks sehingga mereka bisa bercerita banyak hal tentang kegiatan-kegiatannya di sekolah.

Hal yang sama pun harus dilakukan oleh guru di sekolah.

Mengapa?

Dari rumah seorang siswa ‘membawa’ banyak persoalan, mulai dari kurang perhatian karena tuntutan kerja dari orang tua, sampai masalah keluarga. 

Jadi solusi yang terbaik untuk mendidik siswa-siswi zaman now adalah menjadi teman bagi mereka, bukan menjadi guru kiler atau orang tua yang galak.

Menjadi teman bagi kid zaman now maka kemungkinan mereka untuk terbuka dan menceritakan permasalahannya semakin besar. Dengan demikian sebagai orang tua dan guru, bisa mengarahkannya kepada hal-hal yang lebih positif lagi.


Kedua Orang Tua dan Guru Harus Gaul

Apakah kita harus membeli kamus gaul?

Sama sekali tidak!. Tetapi orang tua dan guru harus bisa mengenal sedkit istilah-istilah seperti, alay, kepo, sabi, agut.

Supaya apa?

Agar tahu masalah apa yang dibicarakan oleh kid zaman now, sehingga ada hal yang salah maka tugas orang tua dan guru adalah memperbaiki. Selain itu, dengan mengenal istilah gaul ala kid zaman now siswa-siswi atau pun anak di rumah akan merasa lebih dekat dengan guru dan orang tuanya. Melalui kedekatan tersebut maka cara kita mendidik akan lebih diterima oleh mereka.


Ketiga Orang Tua dan Guru Harus Akrab dengan Teknologi

Cara ini berlaku bagi orang tua dan guru yang kurang terbiasa menggunakan teknologi kekinian; seperti instagram atau youtube.

Mengapa ini penting?

Bagi generasi Y yang lahir di era milenial, mereka sangat terbiasa menggunakan internet dan sosial media. Sebagai orang tua dan guru kita tidak tahu pergaulan anak di luar sekolah atau di luar rumah. Tetapi dengan menggunakan sosial media yang juga digunakan oleh kid zaman now kita bisa memantau aktifitas mereka di luar rumah dan di luar sekolah.


Keempat dan yang Paling Penting Adalah Doa orang Tua

Sebagai manusia beriman. Apapun agamanya saya menyakini jika doa seorang ibu memiliki kekuatan yang luar biasa. Oleh karena itu, jika didoakan dengan sunggu tidak ada yang mustahil bagi Tuhan karena doa bisa mengubah segala sesuatu.

Poin keempat, pesannya adalah dekatkan selalu putra-putrimu dengan ajaran agama karena iman tanpa perbuatan adalah mati. Perbutana tanpa keyakinan akan penyertaan Tuhan pun sama halnya dengan menuntun generasi muda kepada kegelapan yang kian pekat oleh arus zaman dan moderenisasi.

Kesimpulan:

1.   Setiap zaman memiliki karakternya tersendiri, jika menjadi guru puluhan tahun namun masih tetap menggunakan cara-cara lama puluhan kali. Maka percayalah tidak akan ada perubahan yang terjadi. Tetapi jika pendekatan diubah, metode diubah maka percayalah ada harapan untuk melihat Indonesia berjaya di masa mendatang.

2.   Belajar bukan hanya sebatas mendapatkan nilai tinggi atau bintang kelas, tetapi dengan belajar membuat kita bisa cerdas secara intlektual, memiliki iman yang tangguh, dan karakter yang baik.

3.   Doa bisa mengubah segala sesuatu.

Demikian 4 cara yang wajib dilakukan oleh orang tua di rumah dan guru di sekolah dalam mendidik kid zaman now. Lakukan dan lihatlah perubahan yang ditunjukan.

Tidak ada anak yang sulit, yang ada hanya orang tua dan guru yang kesulitan mendidik anak. 


Martin Karakabu
Guru Kampung

Baca juga artikel yang terkait dengan postingan ini;
4 Cara yang Wajib Dijalankan Oleh Guru dan Orang Tua 'Menghadapi' Kid Zaman Now


Catatan Tambahan:

1.   Tulisan yang diberi judul, 4 cara yang wajib dijalankan oleh guru, dan orang tua menghadapi kid zaman now. Hadir di hadapan sidang pembaca yang terhormat dengan tujuan, berbagi dan belajar bersama.

2.   Tidak dimaksudkan untuk menggurui atau merasa diri paling tahu. Apabila membawa manfaat itu semua karena Tuhan. Jika tidak berfaedah, abaikan saja karena ini hanyalah celotehan seorang guru kampung biasa. Salam damai@

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara yang Wajib Dijalankan Oleh Guru dan Orang Tua 'Menghadapi' Kid Zaman Now"

Post a Comment

Mohon maaf, saya akan hapus link aktif, promosi-promosi dagang, dan komentar yang tidak sesuai dengan postingan saya. Tinggalkan kesan sebagai intlektual. Silahkan berkomentar,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel