Contoh Teks Negosiasi dan Penerapannya di Depan Kelas

Contoh Teks Negosiasi dan Penerapannya di Depan Kelas: Untuk Guru Bahasa Indonesia
Martin Karakabu admin blog karakabu.com saat mengajar materi negosiasi/dok pribadi
Negosiasi adalah salah satu materi dalam pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA. Kebijakan kurikulum 2013 mengharuskan semua materi dalam pelajaran Bahasa Indonesia berbasisi teks. Salah satunya adalah teks negosiasi. Teks negosiasi adalah teks (baik singkat maupun panjang) tentang proses tawar menawar barang atau jasa antara kedua belah pihak (pembeli dan penjual). Tujuannya untuk mencapai kesepakatan bersama yang saling menguntungkan antara keduanya. 

Membuat teks negosiasi diperlukan sebuah struktur atau pola yang baik sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa di depan kelas. Berikut ini contoh teks negosiasi bertema perdagangan yang bisa digunakan oleh guru Bahasa Indonesia sebagai materi ajar.

Andi mengunjungi rumah Ervita untuk membeli HP yang dijual Ervita. Terjadi negosiasi yang menarik.

Contoh Teks Negosiasi

Andi : Hai Er, katanya kamu mau jual HP ya?
Ervita : Iya Ndi aku mau jual HP AA, kamu minat?

Andi : Wah kebetulan aku lagi butuh, jual berapa?
Ervita : Aku jual 1,5 juta

Andi : Mahal amat Er, itu kan sudah keluaran lama. Bisa kurang nggak?
Ervita : Bisa sih, mau tawar jadi berapa?

Andi : Gimana kalau 1 juta?
Ervita : Kemurahan Ndi, naikkin lah masa cuma segitu kalau menawar

Andi : Hmm iya deh, kalau 1,1 juta gimana?
Ervita : Alamak, naiknya sedikit sekali. Aku lepas kalau kamu beli 1,3 juta. Gimana?

Andi : Nggak bisa kurang lagi Er
Ervita : Harga pas Ndi

Andi : Oke aku beli deh sekarang mumpung bawa uang lebih.
Ervita : Oke Ndi terima kasih ya.

Andi : Iya sama-sama Er. Aku juga terima kasih. 

Penjelasan dari contoh teks negosiasi di atas adalah sebagai berikut:


Di bagian orientasi Andi memberikan sapaan kepada Ervita.
Di bagian permintaan Andi menanyakan apakah benar Ervita akan menjual HPnya yang diamini oleh Ervita. Ervita pun menyanggupi permintaan dengan melakukan penawaran. Setelah melewati proses penawaran akhirnya ada persetujuan yang disepakati mengenai harga HP tersebut. Andi pun melakukan pembayaran langsung dengan Ervita yang diakhiri dengan ucapan terima kasih.

Bapak dan ibu guru, contoh teks negosiasi di atas (atau contoh teks yang bapak dan ibu miliki sebagai materi ajar); bisa dibuat dalam bentuk drama agar kemasan di depan kelas lebih menarik minat siswa. Contoh cara membuat drama bapak dan ibu bisa lihat di sini. Setelah selesai fragmen (drama yang diperankan oleh siswa) bapak dan ibu guru Bahasa Indonesia bisa menjelaskan strukturnya. Atau bisa juga meminta siswa menjelaskan sendiri kemudian bapak dan ibu guru menyimpulkana. Semuanya tergantung kemasan bapak dan ibu guru Bahasa Indonesia di depan kelas seperti apa.

Nah di bagian akhir (tes) penguasaan materi yang diajarkan oleh bapak dan ibu guru Bahasa Indonesia bisa membuatnya dalam bentuk TTS (Teka Teki Silang). Hemat saya cara ini lebih menarik minat siswa daripada kita (baca guru) masih saja memakai cara-cara lama seperti, “tulislah”, “tutup bukunya”. Hal-hal seperti itu dari pengalaman saya sudah tidak relevan lagi bagi kid zaman now.

Nah cara membuat TTS secara manual bisa klik di sini, melalui aplikasi bisa klik di sini. Demikian contoh teks negosiasi dan aplikasinya di depan kelas. Semoga bisa membantu bapak dan ibu guru Bahasa Indonesia dalam mengemas pelajaran yang kreatif dan inovatif. #banggajadiguru 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Teks Negosiasi dan Penerapannya di Depan Kelas"

Post a Comment

Mohon maaf, saya akan hapus link aktif, promosi-promosi dagang, dan komentar yang tidak sesuai dengan postingan saya. Tinggalkan kesan sebagai intlektual. Silahkan berkomentar,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel