Inilah Penjelasan Super Lengkap Tentang Debat Yang Wajib Anda Ketahui

Inilah Penjelasan Super Lengkap Tentang Debat Yang Wajib Anda Ketahui
Debat KKG/dok pribadi
Untuk bisa mengikuti debat dan memenangkannya, diperlukan persiapan yang cukup banyak. Ya, sebuah kompetisi deabt tidak hanya mengandalkan kemampuan verbal seseorang saja namun juga perlu beberapa hal yang harus dipersiapkan. Debat memiliki panggung yang berbeda-beda.

Dimulai dari debat di kedai kopi, hingga debat yang menyangkut hukum dan pemerintahan. Namun yang akan menjadikan topik dalam artikel ini adalah sebuah kompetisi lomba yang diadakan untuk kalangan civitas akademis. Kompetisi debat biasa diadakan oleh guru untuk pembelajaran dalam kelas, hingga kompetisi terbuka untuk siswa atau mahasiswa yang nantinya akan mendapatkan hadiah.

Jika ingin bisa sukses dalam kompetisi debat, sebaiknya ketahuilah dulu serba-serbi mengenai debat mulai dari pengertian hingga seluruh hal yang berkaitan dengan jalannya kompetisi. Untuk membantu Anda mengenal debat lebih dalam, di sini akan diberikan informasi materi debat lengkap yang wajib diketahui. Agar lebih memudahkan, berikut ini akan dijelaskan menjadi beberapa bagian.

Pengertian Debat

Apa sebenarnya pengertian debat? Apakah kedua orang atau kedua belah pihak yang berselisih? Atau bertengkar?

Debat dalam sehari-hari mungkin memang diartikan sebagai perselisihan. Kata debat justru memiliki konotasi yang negatif berupa tidak akurnya dua belah pihak atau tidak sepakatnya dua pihak akan sesuatu. Namun yang dimaksud debat disini adalah debat dalam kompetisi.

Debat diartikan sebagai pertukaran pendapat antara yang satu dan lainnya pada suatu perkara atau topik yang sama dengan dan diantara mereka saling mempertahankan pendapatnya masing-masing. 

Tujuan debat pada sebuah kompetisi tentunya adalah kemenangan lomba. Karena debat dalam kompetisi berbicara pada topik yang sudah dipersiapkan dan tujuannya bukan untuk mencari teori atau pemutusan suatu masalah, maka dari setelah perlombaan selesai pun tidak menyisakan apa-apa selain pengumuman juara.

Baca Juga:



Tim Pro dan Tim Kontra

Setelah mengerti soal pengertian debat, pastinya Anda sudah terbayang mengenai kompetisi debat. Dalam sebuah kompetisi debat, sebuah tema atau topik debat akan dijadikan bahan untuk kedua belah pihak beradu argument; dan di sinilah yang perlu juga diperhatikan. Siapakah kedua belah pihak itu?

Dalam kompetisi debat di Indonesia mengenal istilah Tim Pro dan Tim Kontra. Sesuai dari namanya, Tim Pro tentu berada pada sisi yang membela atau setuju suatu perkara. Lalu sebaliknya, Tim Kontra menentang keras apapun yang dijadikan tema pembahasan dalam kompetisi debat.

Itulah konsekuensi pada sebuah kompetisi debat. Sekuat apapun Anda merasa setuju pada tema kompetisi debat, jika mendapatkan bagian sebagai Tim Kontra maka harus menentangnya. Begitu juga sebaliknya, bagaimanapun Anda berpikir suatu tema itu salah, jika mendapatkan peran sebagai Tim Pro maka harus setuju dan mati-matian mempertahankan pendapat. Selain disebut dengan nama Tim Pro dan Tim Kontra, biasa juga disebut dengan Tim Afirmatif dan Tim Negatif. Tim afirmatif merupakan tim yang setuju dan Tim Negatif yang tidak setuju.

Peran Masing-masing Anggota Tim Debat

Apakah format kompetisi debat haruslah tim atau berisikan lebih dari satu orang? Tidak ada yang melarang siapapun penyelenggara untuk membuat kompetisi debat tunggal. Namun umumnya, kompetisi debat mempertemukan dua tim yang beradu argumen bukan berupa perorangan. Lalu berapakah jumlah tim pada kompetisi debat?

Tim Pro dan Tim Kontra memiliki anggota tim yang jumlahnya sama yaitu masing-masing 3 orang. Dalam sebuah tim harus dibagi menjadi 3 pembicara yaitu Pembicara Pertama, Pembicara Kedua, Pembicara Ketiga untuk Tim Pro dan juga pembagian yang sama untuk Tim Kontra. Untuk tugas masing-masing pembicara, akan dijelaskan sebagai berikut:

Pembicara Pertama

Tugas Pembicara Pertama adalah menjelaskan tema yang ada pada kompetisi debat atau yang biasa disebut sebagai mosi debat. Untuk Pembicara Pertama Tim Kontra menjelaskan sikap setuju pada mosi, dan Pembicara Pertama Tim Kontra akan menentangnya. Selain itu, Pembicara Pertama juga memiliki tugas untuk menjelaskan pembagian timnya, menjelaskan argumen pertama, dan menyampaikan kesimpulan pidatonya.

Pembicara Kedua

Tugas Pembicara Kedau mengenai mempertahankan argumen, menunjukkan sikap tidak setuju pada Pembicara Pertama pihak lawan, dan juga memberikan argumen baru yang lebih masuk pada inti permasalahan dengan juga diisi pengulangan kembali pada Pembicara Pertama timnya. Jadi untuk Pembicara Kedua Tim Pro akan kembali menyanggah apa yang dilontarkan oleh Pembicara Pertama Tim Kontra, lalu mempertahankan sikap setuju pada mosi, lalu juga memberikan argumen baru dengan juga mengulang kembali argumen setuju Pembicara Pertama Tim Pro. Untuk Tim Kontra memiliki penjelasan sebaliknya.

Pembicara Ketiga

Pembicara ketiga bertugas untuk meringkas pokok perdebatan, kembali menegaskan apa yang telah disampaikan oleh kedua rekan dalam timnya, menyanggah semua yang telah disampaikan pihak lawan, dan juga menanggapi apa pertanyaan dan argumen yang belum sempat ditanggapi oleh Pembicara Pertama dan Kedua.

Persiapan Lomba Debat dan Penyebab Kegagalan Debat Yang Harus Diketahui


Debat pada sebuah kompetisi bukanlah ajang debat kusir. Seringkali orang berpikir kompetisi debat hanyalah pada perselisihan dan adu mental. Namun bukan hanya itu saja, ada sejumlah persiapan yang harus dipersiapkan agar bisa memenangkan perlombaan. Apa sajakah persiapannya?

Daftar Lomba Dan Siapkan Tim

Mempersiapkan lomba debat untuk mendapatkan kemenangan dimulai dengan mendaftarkan dan membentuk tim. Jangan terlalu dekat dengan acara lomba debat agra bisa memperumuskan mosi terlebih dahulu.

Merumuskan Mosi

Setelah jelas terdaftar dan memiliki tim, yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah merumuskan mosi yang akan dihadapi. Mulai dengan merundingkan dengan tim mengenai defisini mosi, pembagian tugas pembicara dalam satu tim, mencari landasan untuk adu argumen yang kuat dan valid, menganalisa kasus untuk persiapan menjawab atau menyanggah tim lawan, dan yang terakhir menyiapkan pidato masing-masing individu sesuai dengan perannya dalam tim.

Simulasi

Sering melakukan simulasi juga bisa untuk memperkuat mental saat debat. Selain untuk menguji kemampuan menyatakan argumen yang telah dipersiapkan, mental yang kuat juga sangat penting untuk memenangkan lomba debat.

Hindari Penyebab Kegagalan Debat

Selain mempersiapkan amunisi lomba debat, hindari juga penyebab yang bisa membuat gagal seperti terlalu stres, persiapan argumen debat yang kurang valid dan berkualitas, tim yang tidak kompak, dan juga kesehatan yang tidak maksimal.

Baca juga : 


Cari Contoh Teks Debat Untuk Berlatih

Setelah mengetahui segala hal yang bersifat teknis, bisa juga segera mencari teks debat yang bisa digunakan untuk berlatih. Teks debat yang dicari bisa berupa contoh debat lengkap, contoh mosi, notulensi lomba debat, atau juga pidato pembicara pada tim debat.

Baca juga :Contoh Teks Debat Lengkap

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Penjelasan Super Lengkap Tentang Debat Yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Mohon maaf, saya akan hapus link aktif, promosi-promosi dagang, dan komentar yang tidak sesuai dengan postingan saya. Tinggalkan kesan sebagai intlektual. Silahkan berkomentar,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel