Pedomaan Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA/SMK oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaab Jakarta Tahun 2016 (Bagian Pertama)

Latar Belakang

Pedomaan Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA/SMK oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaab Jakarta Tahun 2016 (Bagian Pertama)
Pembelajaran bahasa Indonesia perlu menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pendidikan bahasa, pada khususnya, dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi pada umumnya yang sangat kompleks. Berbagai kompetensi berbahasaserta sumber-sumber pengetahuan dan pembelajaran bahasa juga mengalami perkembangan. Oleh karena itu, pedoman mata pelajaran Bahasa Indonesia ini disusun agar terwujud persamaan persepsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan sekaligus sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Acuan lain yang tidak bertentangan dengan tujuan kurikulum dan bersifat memperkaya kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia sangat dimungkinkan untuk digunakan.

Pedoman mata pelajaran ini juga diharapkan dapat meminimalisasi berbagai perbedaan pemahaman pendidik terhadap kompetensi yang tercantum pada kurikulum, serta cara membelajarkan dan menilai ketercapaian kompetensi tersebut. Perbedaan dalam model pembelajaran sangat dimungkinkan. Pemilihan model dan aktivitas pembelajaran mempertimbangkan efektifivitas pencapaian kompetensi berbahasa peserta didik sebagaimana yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Atas dasar itulah panduan ini disusun.

Tujuan

Pedoman  Mata Pelajaran  Bahasa  Indonesia  ini disusun dengan tujuan agarpara pendidik bahasa Indonesia memahami: (1) substansi dan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia, (2) kompetensi dalam mata pelajaran BahasaIndonesia, (3) desain pembelajaran untuk mencapai kompetensi berbahasaIndonesia,   (4) penilaian mata pelajaran Bahasa Indonesia, (5) penggunaan sumberbelajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan (6) peranan guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran abad XXI.

Dengan pemahaman terhadap hal-hal tersebut diharapkan para pendidik bahasa Indonesia mampu mengaktualisasikan pemahaman mereka dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pemilihan media dan sumber belajar untuk pembelajaran bahasa Indonesia, serta mengoptimalkan perannya sebagai pengembang budaya belajar berorientasi masa depan (abad XXI).

Ruang Lingkup

Pedoman ini memuat: (1) latar belakang, tujuan, ruang lingkup pedoman, dan sasaran pedoman, (2) karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia, (3) desainpembelajaran Bahasa Indonesia, (4) penilaian dalam mata pelajaran BahasaIndonesia, (5) penggunaan sumber belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan (6) peran pendidik bahasa Indonesia dalam abad XXI.

Sasaran Pengguna

Buku pedoman mata pelajaran Bahasa Indonesia ini disusun untuk menjadiacuan oleh (1) pendidik, (2) kepala sekolah, (3) pengawas, (4) penyusun bahan ajar, (5) dinas  pendidikan,  (6) orangtua, dan (7) pemangku kepentingan(stakeholders) lainnya dalam mengimplementasikan kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pedomaan Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA/SMK oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaab Jakarta Tahun 2016 (Bagian Pertama)"

Post a Comment

Mohon maaf, saya akan hapus link aktif, promosi-promosi dagang, dan komentar yang tidak sesuai dengan postingan saya. Tinggalkan kesan sebagai intlektual. Silahkan berkomentar,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel