Negara Harus Hadir: Sinergiritas Harus Terjadi untuk Pendidikan yang Lebih Baik

Oleh 

Patrea Angelica

Siswi kelas X SMTK Bethel Jakarta

Negara Harus Hadir: Sinergiritas Harus Terjadi untuk Pendidikan yang Lebih Baik
Pendidikan di Indonesia sangat disayangkan karena minimnya kemauan para pelajar untuk belajar. Kualitas guru yang rendah, kesejateraan guru yang belum maksimal, dan minimnya sarana maupun prasarana penunjang di daerah terluar dan terdepan. Masalah ini menyebabkan pertumbuhan masyarakat Indonesia tidak berkembang seperti negara negara lain; contohnya Jepang, Autralia, dan juga Singapura. Itu sebabnya potensi Indonesia untuk maju sangatlah lambat. Survei Political and Economic Risk Consultant (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Oleh karena itu, pendidikan yang selama ini mungkin diremehkan oleh sebagian masyarakat harus dikembangkan lagi.

Siapa yang kembangkan, ya seluruh masyarakat Indonesia. Mulai dari presiden sampai pada individu-individu yang ada dalam masyarakat.

Perlu diketahu juga bahwa, ada sekolah-sekolah di Indonesia yang menghasilkan siswa – siswi yang unggul dalam pengetahuan, tangguh dalam iman, dan santun dalam budi pekerti. Oleh karena itu, penulis berpandangan bahwa negara harus ‘hadir’ dan orang tua harus mendukung, pelajar harus SADAR kalau tugasnya adalah belajar, sekolah harus berbenah.

Untuk apa?

Agar potensi dan kemampuan seluruh pelajar Indonesia sampai pada taraf daya cipta, bukan sebatas menghafal supaya nilai ulangan bagus. Itu HARUS dilakukan pada seluruh sekolah-sekolah di Indonesia sehingga ada pemerataan pendidikan. Jadi poin yang hendak penulis sampaikan ialah pemerataan pendidikan mulai dari daerah hingga pusat. Dari sekolah swasta hingga sekolah negeri. Mulai dari Aceh hingga Papua. Dari Rote hingga Nias.
Jangan hanya sekolah-sekolah tertentu yang diberi label internasional, unggulan, dan lain sebagainya. Untuk mencapai itu semua pertama pelajar harus sadar kalau tugas seorang pelajar ya belajar, orang tua harus mendukung, sekolah harus berbenah, dan negara harus hadir untuk memastikan semua komponen tersebut saling bersinergi satu sama lain. Jika semua komponen bangsa sudah bersinergi maka percayalah pendidikan yang lebih baik akan terjadi.@

Editor: Martin Karakabu, admin blog kakaguru.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Negara Harus Hadir: Sinergiritas Harus Terjadi untuk Pendidikan yang Lebih Baik"

Post a Comment

Mohon maaf, saya akan hapus link aktif, promosi-promosi dagang, dan komentar yang tidak sesuai dengan postingan saya. Tinggalkan kesan sebagai intlektual. Silahkan berkomentar,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel